Rabu, 08 Januari 2020

PROPOSAL BISNIS DESAIN WEB


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.   Identitas Perusahaan
Usaha yang akan dibangun ini bernama Desain Web (DW) , Pemilihan nama di ambil dari salah satu aplikasi untuk merancang web yaitu Dreamweaver atau sering disebut DW, yang menjadikan nama lebihfamiliar dan mudah di ingat serta tetap trendy dan modern dalam dunia IT. 
1.2.   Bidang Usaha dan Bentuk Hukum Usaha
Badan usaha yang kami dirikan ini baru dan belum mempunyai badanhukum yang tatap, namun dalam perkembangannya nanti kami akanmengajukan pembuatan NPWP agar kami mempunyai badan hukumyang tetap. Untuk aplikasi program kami akan memakai Aplikasi yangbersifat OPEN SOURCE (gratis) agar terhindar dari masalahpembajakan.
1.3.   Visi dan Misi Perusahaan
1.3.1.      Visi
Visi dari Desain Web ini adalah :Menjadikan Desain Web sebagai usaha Desain web yang unik dengankarakter dan ciri khas dari setiap produk yang dibuat.
1.3.2.      Misi
Misi yang diemban oleh Desain Web adalah menyediakan pelayanandengan kualitas produk yang terbaik.
1.4.   Tujuan dan Sasaran Perusahaan
Selain mencari keuntungan yang besar,tujuan dari bisnis Desain Web ini adalah untuk memanfaatkan potensi yang ada, meskipun sering kita jumpai jasa pembuatan desain web namum masih banyak usahawan yang kurang memperhatikan dalam proses kualitas dan kenyamanan pelanggan dari produk yang dibuat.
Sasaran perusahaan untuk pelanggan Desain Web adalah masyarakat maupun organisasi yang membutuhkan sebuah sistem informasi yaituWebsite sebagai fasilitas untuk memperkenalkan tentang organisasi itumelalui dunia maya. Dari hasil penelitian maka perusahaan mengetahuitarget pasar yang ada di lokasi. Target pasar yang perusahaan kemukakan inimerupakan salah satu representsai dan segmen dalam memasukiarea pasar, hal ini merupakan awal permulaan yang sangat penting untukmemahami segmen dan target pasar yang ada pada lingkungan sekitar. Berikut beberapa target pelanggan yang dipastikan perusahaan diantaranya adalah :
1.              Instansi / Lembaga
2.              Perusahaan kecil atau CV
3.              Mahasiswa
4.              Pebisnis online
5.              Masyarakat

1.5.   Analisis Kopetensi SDM
Tim kami mempunyai Sumber Daya yang cuku berkualitas untukmenjalankan usah di bidang jasa Desain Web ini, di buktikan denganpernah PKL pada bidang-bidang IT serta mempunyai beberapa sertifikatkompetensi (terlampir). Beberapa skill yang di kuasai oleh anggota tim
1.      Menguasai pemograman web HTML dan PHP
2.      Menguasai pembuatan website dengan joomla, macromediadreamwever, wordprees, blogspot.com, Ms Office Publisher
3.      Menguasai Pembuatan program/software sederhana berbasis database dengan MYSQL, acces, SQL Server
4.      Menguasai web server



1.6.   Rencana Pengembangan Usaha
Usaha ini akan terus kami kembangkan dengan semangat dan komitmenyang kuat, bahkan kami akan membuka cabang baru di daerah-daerahyang sangat dan memiliki peluang untuk usaha ini. Untuk modalpengembangan usaha akan kami tambah dari modal sendiri serta kreditbank.
1.         Merekrut Karyawan baru.
2.         Mentraining karyawan baru untuk ditempatkan pada Cabangbaru nantinya.
3.         Saling berbagi ilmu dan saling membantu untuk menerapkansistem penjualan melalui internet marketing dan memantapkanstrategi pemasaran kami.

1.7.   Keberhasilan Usaha
Kami yakin usaha ini akan berkembang terus dan keberhasilan nya ditentukan oleh beberapa hal sebagai berikut:
1.           Pelayanan Jasa kami yang ramah, cepat dan bertanggung jawab.
2.           Letak yang strategis dalam endirikan usaha yaitu di sekitar Perguruan Tinggi.
3.           Keunggulan layanan scan virus gratis dan konsultasi IT yang belum pernah di lakukan pesaing sekitar.
4.           Anggota tim yang mempunyai link dan partner yang cukupbanyak.
5.           Kemampuan dan skill dari anggota tim yang sudah mempunyai sertifikat.
6.           Harga dari jasa yang di tawarkan cukup terjangkau untuk kalangan menengah

1.8.   Analisa SWOT
1.8.1.      Strength (Kekuatan)
Kekuatan dari Desain Web adalah :
1.      Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat umum.
2.      Aksesoris lengkap.
3.      Memberikan garansi produk.
4.      Memberikan pelayanan yang nyaman dan berkualitas.
5.      Lokasi strategis.
1.8.2        Weakness (Kelemahan)
Kelemahan dari Desain Web adalah :
1.      Tidak adanya persediaan pada saat pemesanan barang Masih satu tempat dan belum mempunyai cabang.
2.      Adanya manajemen pengelolah yang kurang rapi.
3.      Kemampuan SDM yang belum bias memenuhi keinginankonsumen.
4.      Karea masih menjadi usaha baru, promosi yang dilakukanmasih belum menyebar luas.

1.8.3        Opportunity (Peluang)
Peluang dari usaha Desain Web adalah :
1.      Tidak banyak tempat yang khusus menyediakan layanandesain dan perbaikan web.
2.      Banyak yang mencari jasa pembuatan website yang murahdan berkualitas.

1.8.4        Treath (Ancaman)
Ancaman yang ada dari usaha Desain Web adalah :
1.      Banyaknya penjual jasa yang menawarkan fasilitas lebih lengkap dan harga yang lebih murah








BAB II
ASPEK PASAR DAN RENCANA PEMASARAN

2.1  Gambaran umum pasar
         Untuk saat ini jumlah prospek pasar dibidang pembuatan jasa desainweb khusunya masih sangat luas, untuk itu kami berfokus pada daerahBatam Center dimana kami melihat kebutuhan jasa Desain web untukkalangan mahasiswa dan pegawai kantor maupun lembaga dan perusahaan kecil yang cukup tinggi.
2.2  Analisa Pemasaran
2.2.1        Konsumen.
a.      Sasaran Utama Konsumen
1.      Mahasiwa Perguruan tinggi yang menggunakan laptop danmasih awam dengan penggunaan komputer khusunyamahasiswa yang mempunyai jurusan selain jurusan IT disekitar daerah temapt usaha.
2.      Pegawai perkantoran seperti Guru Sekolah, Dosen, Pegwaikantor yang berada di sekitar tempat usaha.
3.      Teman-teman dari kami yang sudah mengetahui kapasitaskerja dan kemampuan kami.
4.      Lembaga atau Perusahaan– Perusahaan kecil sekitartempat usaha.
5.      Masyarakat sekitar tempat usaha pada umumnya

b.      Perkiraan Jumlah Persediaan Produk Dan Jasa
         Untuk memperkirakan jumlah persediaan product dan jasayang akan kami tawarkan akan memakai sampel 1 bulanawal terhitung saaat mulai pendirian usaha, namun akanterus naik setiap bulannya dengan penyesuaian terhadapjumlah permintaan terhadap produk dan jasa yang kamisediakan. Berikut data produk dan jasa yang kami sediakanbeserta jumlahnya:


2.2.2        Perkiraan Jumlah Permintaan ( Konsumen )
Dari data persediaan product dan jasa di atas dapat diperkirakan jumlah permintaan dan penawaran setiap bulannyadari konsumen dengan data sebagai berikut :
             Bulan ke 1-3 
              Analisa Penjualan produk dan jasa dalam bulan ke 1-3




2.2.3        Strategi Pemasaran
a.      Keterangan Produk
Produk yang akan di jual di khusukan pada pelayanan jasadan aksesoris komputer yang mana pelayanan jasa ini dilakukan oleh anggota kelompok yang sudah memiliki skildan keterampilan di masing-masing bidang usaha.

b.      Keunggulan Produk dan Jasa
Disini kami tidak hanya menyediakan pelayanan jasa saatpelanggan masuk, namun untuk jaringan kami memberikanmaintenance atau garansi untuk masalah-masalah tekniskhusunya desain web. Kami juga memberikan pelayananjasa untuk scaning virus dan konsultasi masalah IT secaragratis kepada konsumen.

c.       Harga Produk
Harga yang di tawarkan itu bergantung pada tingkat ataulevel permintaan dari konsumen, namun semua bentukharga akan terjangkau oleh konsumen, karena konsumenakan banyak berasal dari kalangan mahasiswa.


d.      Jalur Penjulan
Penjualan Produk dan jasa akan kami lakukan secara indoordan outdoor, dimana tidak hanya di tempat usah tapi kamiakan menerima layanan antar dan jemput produk. Penjuankami lakukan secara langsung maupun melalu internet.

e.       Promosi
Untuk promosi priorotas utama kami adalah melau website,facebook, twitter,radio dan pamflet yang akan di sebar disekitar komplek, universitas, areal pasar. Kemudianpresentasi langsung ke-kantor kantor dan toko yang sudahmembutuhkan sebuah sistem informasi untuk kantornya.Utamanya akan di lakukan oleh per anggota melalui teman-teman terdekat.

f.       Garansi
Setiap Penjualan jasa yang kami lakukan akan kami berikangaransi yaitu maintenance gratis, untuk desain web garansiselama 2 minggu

2.2.4        Analisis Pesaing
a.      Tahap Survey Pesaing
Adapun tahap survey yang kami lakukan untuk meninjaupesaing di sekitar lokasi usaha yang akan kami lakukanyaitu dengan cara tinjaun langsung lokasi pesaing daninformasi dari teman-teman terdekat serta konsumen yangsudah pernah belanja di toko tersebut

b.      Jumlah Pesaing
Dari survei yang kami lakukan ada beberapa bentukservice komputer dan penjualan komputer yaitu :

c.       Keunggulan dan Kekurangan Pesaing
Dari data yang kami kumpulkan ada beberapa kelebihandan kekurangan pesaing
Kelebihan :
1.      Penjualan Aksesoris yang sudah lengkap.
2.      Jumlah pelanggan tetap yang sudah banyak.
3.      Tingkat kepercayaan konsumen yang sudah tinggi.
4.      Modal yang besar
Kekurangan :
1.      Tingkat Pelayanan jasa yang masih kurang nyaman danramah
2.      Keterlambatan waktu perbaikan komputer bahkan untuk instalasi komputer itu mencapai 1 hingga 2 hari.
3.      Tidak ada layanan pembuatan webdesign, webblog dan editing.
4.      Kemampuan anggota teknisi yang masih minim.
5.      Semua bentuk pelayanan jasa mempunyai nilai bayar
6.      Susah untuk menerima panggilan langsung ke rumah




2.2.5        Peluang Usaha
Dari beberapa kekurangan yang ada pada pesaing, maka kami bisa melihat peluang pasar yang cukup menguntungkan,dimana untuk menarik pelaggan kami menyediakan layananscan virus gratis dan konsultasi masalah IT. Kami jugamengutamakan layanan outdor-antar jemput barang sertapelayanan jasa yang cepat, bahakan untuk instalasi komputerbisa menuggu dalam hitungan jam. Hal inilah yang akanmembuat peluang pasar kami di daerah kapalo koto menjadicukup bagus, terutama untuk para mahasiswa yang seringmengalami kendala dalam masalah tugas berbasis online.






















BAB III
ASPEK PRODUKSI

3.1  Produk dan Jasa
Jenis layanan jasa yang akan kami tawarkan pada usaha desain web:
a.      Instalasi Komputer
·         Instal ulang sistem operasi untuk PC dan Laptop memakaisistem operasi windows xp, windows vista, windos 7, winows8, linux, windows server
·         Instal program aplikasi seperti aplikasi untuk music, video,office, multimedia dan game.
b.      Web Design
·         Pembuatan website untuk pribadi, organisasi dan komersil
·         Database online
·         Pembuatan website HTML dan PHP
·         Website berbasis joomla
·         Free Hosting Dan Premium Hosting.
c.       Web Blog
·         Pembuatan Blog dengan Blogspot.com
·         Pembuatan blog dengan wordpress
·         Pembuatan web dengan joomlad.
d.      Konsultasi IT
·         Konsultasi masalah pemakain software aplikasi
·         Konsultasi masalah pemakain sistem operasi
e.       Layanan Jasa Pendukung
·         Editing Photo dan Video
·         Jual Beli aksesoris computer



3.2  Proses Produksi
a.      Instalasi Komputer
Adapun teknis dalam pelaksanaan instalasi komputer adalah sebagai berikut :
1.      Konsumen membawa laptop atau PC ke tempat kami ataupunkami datang langsung ke tempat konsumen.
2.      Menanyakan permasalahan yang dihadapi, jika konsumenmemnita instal ulang, maka akan di kerjakan secera cepat,maksimal selama 2 jam, jika perbaikan maka akan kami kamiperiksa dimana letak kerusakanya.

b.      Konusultasi IT dan Scan virus gratis
1.      Ini kami lakukan secara gratis, sebagai keunggulan dari produkkami
2.      Konsumen bisa datang langsung, menanyakan masalah yangterjadi, dan kami akan memberikan solusi dari permaslahan itu.

c.       Bahan Baku
Adapun bahan baku yang kami gunakan adalah sebagai berikut :

3.3  Jumlah Tenaga Kerja
Jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan oleh Desain Web ini adalah sebanyak9 pekerja yang mempunyai tugas dan tanggung jawab masing– masingsebagai berikut :

3.2.1   Manager
               -Melakukan monitoring/ kontrol terhadap perkembanganusaha
               -Memberi perintah/ tugas kerja kepada Bagian-bagian
               -Melayani konsumen yang melakukan perbaikan danpermintaan jasa
               -Menjawab pertanyaan dan melayani kosumen yangbertanya secara online
               -Melakukan kontrak/ kerjasama dengan pihak vendorsebagai penyedia produk

    3.2.2    Sekretaris
§  Mencatat semua transaksi penjualan
§  Menyimpan dan mengarsipkan setiap faktur
§  Bertanggung jawab kepada manager
§  Menerima Job Sheet dari konsumen
§  Membuka dan menutup Toko/ Kios
§  Melakukan Promosi
§  Menata barang dagangan  

3.2.3       Bendahara
§  Mencatat uang masuk dan keluar kantor
§  Membuat laporan keuangan
§  Mengelola keuangan kantor
§  Memegan rekening kantor
§  Pembayaran dan pembelian barang dan jasa
§  Pemabayaran gaji karyawan
§  Membuka dan menutup Toko/ Kios
§  Melakukan Promosi
§  Menata barang dagangan
3.2.4  Teknisi
§  Memperbaiki Setiap konsumen yang masuk
§  Melakukan pembelian terhadap barang produksi
§  Melakukan meintenance service
§  Mengelola perkakas untuk service
§  Melakukan perbaikan secara indoor maupun outdoor
§  Membuka dan menutup Toko/ Kios
§  Melakukan Promosi
§  Menata barang dagangan
3.2.5  Software Engineer
§  Membuat dan mengolola website Desain Web sebagaimedia pelayanan jasa online untuk konsumen
§  Menerima permintaan pembuatan website dari konsumen
§  Melakukankan maintenance pada website yang di ajukankonsumen
§  Membuka dan menutup Toko/ Kios
§  Melakukan Promosi
§  Menata barang dagangan










BAB IV
ASPEK KEUANGAN

4.1. Rencana Anggaran Biaya
Biaya yang diperlukan dalam mendirikan usaha ini adalah sebesar Rp19.559.000 (Sembilan Belas Juta lima ratus lima pulus sembilan riburupiah) dengan rincian sebagai berikut :








BAB V
PENUTUP

5.1. Kesimpulan
            Berdirinya berbagai lapangan usaha dikarenakan adanya kebutuhanmasyarakat dan permintaan pasar yang sangat mendukung perkembanganusaha, terlebih usaha dalam bidang teknologi yang semakin maju karenasangat terbuka lebar bagi siapa saja yang akan mencobanya. Hal itu jugayang mengispirasi kami untuk membangun usaha yang kami beri namaDesain Web.Bisnis di bidang IT ini selain banyak peminatnya juga sebagai bisnis yangmenjanjikan, dengan lokasi usaha yang strategis dan dengan inovasi barudapat menambah besarnya keuntungan yang akan diperoleh danmemberikan jaminan bahwa usaha ini akan dapat berkembang dengan cepat.
5.2. Saran
Agar pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan lancar, kami mempunyai beberapa saran,antara lain:
1.      Percaya dan yakin bahwa usaha bisa di laksanakan.
2.      Aktif berkomunikasi berkomunikasi.
3.      Mempunyai etos kerja yang tinggi.
4.      Mau mendengarkan kritik dan saran dari orang lain.
5.      Tidak mudah putus asa.
6.      Mampu menghasilkan produk yang berkualitas
7.      Mengutamakan kepuasan pelanggan.
8.      Disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif


0 komentar:

Posting Komentar